Perhatikan Kutipan Teks Berikut Dengan Seksama!(1) Yang Mencuri Perhatian Kali Ini Bukan Hanya Soal Desas-desus Itu. (2) Sepeninggal Kalagemet Sri Jayanegara Dengan Segera Muncul Pertanyaan, Siapa Yang Akan Naik Tahta Menggantikannya. (3) Dua Pewaris Yang Masing-masing Berwajah Cantik Itu Memang Bersih Tetapi Apa Yang Terlihat Tidak Sesederhana Yang Tampak. (4) Pancaksara Bahkan Melihat Persaingan Amat Tajam Bakal Terjadi, Terutama Riuhnya Barisan Orang-orang Di Belakang Kudamerta Dan Barisan Orang-orang Di Belakang Cakradara? (5) Karena Beristrikan Ratu Pewaris Tahta Tidak Ubahnya Ikut Numpang Mewarisi Tahta Itu Sendiri. Kutipan Teks Novel Sejarah Tersebut Merupakan Struktur?

Perhatikan kutipan teks berikut dengan seksama!(1) Yang mencuri perhatian kali ini bukan hanya soal desas-desus itu. (2) Sepeninggal Kalagemet Sri Jayanegara dengan segera muncul pertanyaan, siapa yang akan naik tahta menggantikannya. (3) Dua pewaris yang masing-masing berwajah cantik itu memang bersih tetapi apa yang terlihat tidak sesederhana yang tampak. (4) Pancaksara bahkan melihat persaingan amat tajam bakal terjadi, terutama riuhnya barisan orang-orang di belakang Kudamerta dan barisan orang-orang di belakang Cakradara? (5) Karena beristrikan ratu pewaris tahta tidak ubahnya ikut numpang mewarisi tahta itu sendiri. Kutipan teks novel sejarah tersebut merupakan struktur?

  1. orientasi
  2. menuju konflik
  3. puncak konflik
  4. resolusi
  5. koda

Jawaban yang benar adalah: B. menuju konflik.

Dilansir dari Ensiklopedia, perhatikan kutipan teks berikut dengan seksama!(1) yang mencuri perhatian kali ini bukan hanya soal desas-desus itu. (2) sepeninggal kalagemet sri jayanegara dengan segera muncul pertanyaan, siapa yang akan naik tahta menggantikannya. (3) dua pewaris yang masing-masing berwajah cantik itu memang bersih tetapi apa yang terlihat tidak sesederhana yang tampak. (4) pancaksara bahkan melihat persaingan amat tajam bakal terjadi, terutama riuhnya barisan orang-orang di belakang kudamerta dan barisan orang-orang di belakang cakradara (5) karena beristrikan ratu pewaris tahta tidak ubahnya ikut numpang mewarisi tahta itu sendiri. kutipan teks novel sejarah tersebut merupakan struktur menuju konflik.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. orientasi adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. menuju konflik adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban C. puncak konflik adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. resolusi adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. koda adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. menuju konflik.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Dijawab oleh : Admin Eleutheral Living

Leave a Comment